Wednesday, January 15, 2014

KALIMAT EFEKTIF

A. Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

B.  Syarat-syarat Kalimat Efektif
•    Secara tepat mewakili pikiran pembicara atau penulisnya.
•    Mengemukakan pemahaman yang sama tepatnya antara pikiran pendengar atau pembaca dengan yang        dipikirkan pembaca atau penulisnya
•    Kalimat tidak bertele-tele dan harus sistematis.
•    Kalimat yang padu menggunakan pola aspek-agen-verbal atau aspek- verbal-pasien.
•    Diantara predikat kata kerja dan objek penderita tidak disisipkan kata daripada / tentang.

C.  Kesalahan Kalimat Efektif
Kalimat-kalimat yang dibuat pembelajar tidak efektif karena tidak adanya kesatuan informasi/arti dan bentuk. Kalimat yang dibuat mengandung lebih dari satu kesatuan informasi sehingga sering menimbulkan kerancuan dan ketidaktepatan arti. Bahkan, ada banyak pernyataan yang hanya berisi jajaran kata-kata saja tanpa arti yang jelas sehingga tidak membentuk sebuah kalimat yang utuh dari segi bentuk dan maknanya. Ada 422 kalimat dengan tipe ini. berikut ini beberapa contoh dari kesalahan kalimat efektif  beserta alternatif pembenarannya.
   
(1) Sering keluarga yang dari daerah pedalaman tinggal di luar kota lama dan banyak adalah petani.
(2) Setelah itu, kendi adalah sedia untuk membakar dengan teknik ada primitiv sekali.
(3) Menduduki dalam lingkaran tertawa, makanan, menyanyikan dengan ibu, tutor-tutor dan temannya beristirahat nanti hari ini mengunjungi tempat-tempat lain di cuaca panas.
(4) Kami juga mengunjungi orang Jawa di pabrik batik ialah pengalaman lain yang saya mau itu paling baik supaya melihat-lihat jenis berbeda batik.
(5) Bagaimanapun dewasa ini pemerintah saya mempunyai dana perwalian dan suatu doktor bisa pekerjaan banyak alternatif ke obat yang modern, misalnya chiropractice, acupunture, aromatherapy, ahli pengobat dengan menggunakan kebatinan (faith healing) reflexology dan hypnotherapy.

Alternatif pembenarannya:

(1) Keluarga dari daerah pedalaman, yang sebagaian besar adalah petani, sering tinggal di luar kota untuk waktu yang lama.
(2) Setelah itu, kendi tersebut siap untuk dibakar dengan teknik tradisional.
(3) Setelah mengunjungi beberapa tempat, kami dan para tutor beristirahat dengan duduk melingkar sambil menyanyi, bercanda, dan makan makanan yang disiapkan oleh ibu itu.
(4) Kami mengunjungi orang Jawa di pabrik batik untuk melihat jenis-jenis batik yang berbeda. Kegiatan itu merupakan pengalaman lain yang paling baik bagi kami.
(5) Dewasa ini, pemerintah saya mempunyai dana perwalian yang memungkinkan seorang dokter bisa memadukan pengobatan alternatif dengan obat yang modern seperti, chiropractice, acupunture, aromatherapy, faith healing, eflexology dan hypnotherapy.

Sumber :
•    http://dim24.wordpress.com/2010/11/07/pengertian-dan-syarat-kalimat-efektif/
•    http://boltx.heck.in/kalimat-efektif-pengertian-syarat-penjab.xhtml
•    http://kalimatefektif2013.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment